Pages

Jumat, 30 Mei 2014

Burung Kutilang (Finches)

Jika teman - teman suka dengan burung tetapi tidak menyukai burung yang berisik seperti burung nuri atau beo, pilihlah hewan peliharaan yang lucu seperti burung kecil yang pendiam seperti Burung Kutilang. Walaupun mereka terkadang dapat berisik, burung ini jauh lebih pendiam daripada burung parkit, nuri atau burung peliharaan lainnya. Dalam membeli peliharaan ini, pastikan teman - teman membeli sepasang (dua) karena mereka membutuhkan teman supaya tidak kesepian,hehehehe....

Cara Merawat Burung Kutilang (Finches)
Berikut ini adalah tips dan caranya merawat burung kutilang supaya rajin berbunyi : 
  • Pertama diawalai dari cara pemilihan jenis kelamin burung karena biasanya yang rajin berkicau adalah yang jenis kelamin jantan, dan kebanyakan para penghobi burung sudah tahu ciri-ciri bedanya antara burung jantan dan betina.
  • Selanjutnya burung dimandikan tidak harus setiap pagi (tergantung cuaca) dan cukup dengan cara semprot pakai spray saja yaitu pada sekitar jam 7-an atau tergantung situasi atau mungkin lebih siang sedikit jika kondisi musim hujan.
  • Lakukan penjemuran selama kurang lebih 1 jam jika matahari benar-benar cerah dan boleh lebih lama apabila kondisi matahari tidak begitu cerah cukup 1 - 1,5 jam-an saja, selesai dijemur lalu diangin-anginkan di teras.
  • Sediakan makanan yang cukup seperti voer yang berkualitas (maaf tidak bermaksud promosi: topsong sudah lumayan bagus) karena pada makanan kemasan terebut terdapat kandungan vitamin, protein dan zat lain yang dibutuhkan oleh burung.
  • Selaim makanan normal harian, seperti buah-buahan (Pisang kepok, pepaya, dll), berilah makanan tambahan pada burung atau yang lebih dikenal dengan (EF: Extra Fooding) seperti jangkrik setiap pagi 2 - 3 ekor dan sore demikian juga 2-3 ekor (trucukan biasanya ga terlalu agresif dengan jangkrik dengan jumlah yang banyak), untuk menambah rangsangan suara agar ngriwik bisa juga ditambah dengan ulat hongkong cukup satu sendok makan untuk 2-3 hari (bisa dicampurkan ke dalam wadah pakan yang berisi voor) jadi tidak sekali habis dimakan dan juga berikan kroto sebagai variasi jenis EF lainnya yang juga bisa dan diperbolehkan untuk tambahan protein.
  • Suapaya suara lebih bervariasi bisa dengan routin diperdengarkan menggunakan suara burung dalam bentuk MP3 (bisa download di internet) dengan settingan suara yang bisa membuat burung  kita bisa berlatih dan terbiasa dengan suara tersebut yang akan membuat kutilang lebih banyak variasi suaranya.
  • Dan terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah terhadap burung artinya jangan sampai burung merasa tidak nyaman, terganggu dengan adanya penggoda yang memang sengaja menggoda atau karena tidak tahu dan hanya sekedar ingin iseng, maka kalo bisa hal seperti itu diusahakan untuk dihindari demi kenyamanan burung.

Burung Kutilang

Daftar harga burung kutilang terbaru bulan Januari 2014 :
  • Harga Burung Kutilang : Rp 30.000 – Rp 50.000
  • Harga Burung Kutilang emas : Rp 50.000 – Rp 75.000
  • Harga Burung Kutilang malaysia : Rp 100.000
  • Harga Burung Kutilang sumatera : Rp 100.000 – Rp 150.000
Daftar harga burung di atas di dapat dari berbagai sumber termasuk dari pedagang burung di pasar burung. Pastinya harga burung tersebut dapat berbeda-beda di setiap wilayah atau tempat. Namun harga burung di atas dapat dijadikan perbandingan untuk wilayah lainnya di Tanah air.

Galeri Burung Kutilang :

Burung Kutilang Ekor kuning Sukaraja

Burung kutilang emas

Burung Kutilang jambul

Burung Kutilang cangkur

Referensi :
  • http://newsesi9.blogspot.com
  • http://merawat-burung.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

About